Jumat, 17 November 2017

Syarat tumbuh tanaman hidroponik

Persyaratan untuk Pertumbuhan Tanaman Hidroponik..

Suhu:

Tanaman tumbuh dengan baik hanya dalam rentang suhu terbatas. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mengakibatkan perkembangan abnormal dan mengurangi produksi, beberapa sayuran daun membutuhkan suhu ideal antara 23° C - 26° C

Cahaya:

Semua tanaman sayuran daun maupun buah dan juga bunga memerlukan sejumlah besar sinar matahari setidaknya 8 sampai 10 jam sinar matahari langsung setiap hari untuk menghasilkan kualitas tanaman yang baik.. namun beberapa tanaman kadang mengalami masalah dengan teriknya matahari hal ini bisa dilakukan dengan bantuan kain putih atau jaring untuk mengurangi terik/panasnya matahari ketika tanaman terpapar secara langsung.
Jarak yang cukup antara tanaman akan memastikan bahwa setiap tanaman menerima cahaya yang cukup...
cuaca mendung mengurangi intensitas cahaya dan dengan demikian membatasi produksi, saat-saat seperti ini sebaiknya ppm / EC larutan nutrisi di tingkatkan.

Air:

Kualitas air dapat menjadi masalah dalam sistem hidroponik. Air dengan alkalinitas berlebihan atau kadar garam tinggi dapat mengakibatkan ketidakseimbangan kandungan Nutrisi dan pertumbuhan tanaman menjadi buruk. Air yang di tes dengan tinggi total garam tidak boleh digunakan, kadar garam lebih dari 0,5 juta atau 320 ppm (bagian per juta ) cenderung menyebabkan ketidak seimbangan nutrisi, hal ini mungkin dapat diatasi dengan filter, aerasi dll untuk mengkompensasi kadar garam dalam air baku Menyediakan air yang cukup untuk tanaman tidak sulit dalam sistem kultur air, tetapi bisa menjadi masalah dengan metode substrat seperti pada Hidroponik fertigasi dll. Selama musim panas /kemarau tanaman dengan metode ini harus diusahakan dalam kondisi cukup lembab dan media tanampun sebaiknya dipilih yang dapat menahan air, akar tanaman akan mengering dan beberapa akan mati jika kondisi media tanam terlalu lama dalam kondisi kekurangan air, bahkan setelah tingkat kelembaban telah dipulihkan, tanaman akan pulih perlahan2 akan tetapi produksi bisa saja berkurang.

Oksigen:

Perakaran tanaman membutuhkan oksigen selain untuk respirasi juga untuk melaksanakan fungsi akar dalam menyerap air dan hara.
Pada tanah oksigen yang cukup biasanya tersedia, tapi akar tanaman yang tumbuh dalam air akan cepat menguras pasokan oksigen terlarut dan dapat menjadi tidak tersedia saat suhu air terlalu tinggi, akar akan menjadi rusak atau mati kecuali udara tambahan disediakan. Sebuah metode umum memasok oksigen adalah dengan gelembung udara melalui larutan nutrisi. Namun hal ini biasanya tidak diperlukan untuk beberapa sistem seperti NFT, Aeroponik atau sistem alir secara kontinu lainya.

Nutrisi mineral:

Tanaman harus menyerap mineral tertentu melalui akaruntuk bertahan hidup, dalam pertanian umumnya mineral ini disediakan oleh tanah dan dengan penambahan pupuk seperti pupuk kandang, kompos, pupuk anorganik dan garam2 mineral lainya. Dalam metode hidroponik unsur2 penting yang dibutuhkan tanaman ini di buat dari garam2 mineral yang telah dimurnikan sehingga larut dalam air dan di ukur keseimbangannya, dalam jumlah besar adalah nitrogen,fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur sedang unsur2 mikronutrien -seperti besi, mangan, boron, seng, tembaga, molibdenum, dan klorin juga dibutuhkan tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. Mempertahankan pH pada tingkat sedikit asam 6.0 ini akan membantu ketersediaan setiap unsur dalam larutan nutrisi..Jumlah Kebutuhan Unsur Hara Berdasarkan jumlah yang diperlukan tanaman, Unsur hara dibagi menjadi dua golongan, yakni unsur hara makro dan unsur hara mikro. Unsur hara makro adalah unsur hara yang diperlukan dalam jumlah banyak (konsentrasi 1000 mg/kg bahan kering). Unsur hara mikro adalah unsur hara yang diperlukan dalam jumlah sedikit (konsentrasi kurang dari atau sama dengan 100 mg/kg bahan kering).Unsur hara makro dibutuhkantanaman dan terdapat dalam jumlah yang lebih besar, dibandingkan dengan unsur hara mikro.
Davidescu (1988) mengusulkan bahwa batas perbedaan unsur hara makro dan mikro adalah 0,02 % dan bila kurang disebut unsur hara mikro. Ada juga unsur hara yang tidak mempunyai fungsi pada tanaman, tetapi kadarnya cukup tinggi dalam tanaman dan tanaman yang hidup pada suatu tanah tertentu selalu mengandung unsur hara tersebut misalnya unsur hara Al (Almunium), Ni (Nikel) dan Fe (Besi). Unsur hara C diperlukan dalam jumlah 43,6%, O sebanyak 44,4% dan H sebanyak 6,2%.Berdasarkan sumber penyerapannya, unsur hara dipilahkan menjadi dua, yakni unsur hara yang diserap dari udara dan unsur hara yang diserap dari tanah.Diserap dari Udara Unsur hara yang diserap dari udara adalah C, O, dan S, yaitu berasal dari CO2, O2, dan SO2, Penyerapan N baik dari udara maupun dari tanah di asimilasikan dalam proses reduksi dan aminasi. Nitrogen(N) udara diserap dari N2 bebas lewat bakteri bintil akar dan NH3 diserap lewat stomata tanaman.Diserap dari tanahPenyerapan unsur hara dilakukan oleh akar tanaman dan diambil dari kompleks serapan tanah ataupun dari larutan tanah berupa kation dan anion. Adapula yang dapat diserap dalam bentuk khelat yaitu ikatan kation logam dengan senyawa organik.
Dewasa ini kebanyakan unsur hara mikro diberikan lewat daun.Unsur nitrogen berperan dalam menyusun zat hijau daun tanaman, protein, dan lemak. Juga membantu pertumbuhan vegetative. Unsur nitrogen ini disuplai oleh pupuk kandang, urea (CO(NH2)2), Za (( NH4 )2SO4 ),dan berbagai jenis pupuk daun.Phospor berperan sebagai penyusun protein dan karbohidrat. Unsur ini, selain diperoleh dari pupuk kandang, disuplai oleh pupuk KCL, kalium sulfat atau ZK (K2SO4), KNO3 (potassium kalium nitrat), dan pupuk daun. Peran kalium dalam pertumbuhan tanaman adalah untuk memperkuat bagian kayu tanaman, meningkatkan kualitas buah, dan menambah ketahanan terhadap hama dan penyakit serta kekeringan.Kalsium berperan sebagai pembentuk dinding sel tanaman. Unsur hara ini, selain diperoleh dari pupuk kandang, didapat dari penambahan kapur, baik berupa dolomite (CaCO3MgCO3), maupun kalsium klorida (CaCl2). Fungsi kalsium adalah untuk mengeraskan bagian kayu tanaman, merangsang pembentukkan akar halus, mempertebal dinding sel buah, dan merangsang pertumbuhan biji. Kekurangan unsur kalsium pada tanaman sejak masih muda sampai dewasa. Penyakit ini tampak dari daun tanaman sampai buahnya.
Sulfur berfungsi sebagai penyusun protein vitamin. Unsur ini juga membantu pembentukan zat hijau daun. Selain dari pupuk kandang, sulfur bisa didapat dari penambahan pupuk buatan ZA, pupuk daun, dan pupuk Multimicro yang mengandung 5,3 % S. Tanaman yang kekurangan unsur ini akan mengalami klorosis (pemucatan) pada daun-daunnya.Magnesium (Mg) sangat penting untuk penyusunan klorofil dan pengaktifan enzim yang berhubungan dengan metabolisme karbohidrat dan penambahan kadar minyak. Magnesium dapat diperoleh dari pupuk kandang, dolomite, kieserite, (MgSO4H2O), serta pupuk daun yang mengandung Mg.Besi (Fe) berperan dalam pembentukan klorofil daun serta penyusunan protein danenzim. Unsure besi dapat diperoleh dtoko bangunan terdekat dikota anda.
Boron berperan dalam pembentukan protein, pembentukan buah, dan perkembangan akar. Unsure boron dapat diperoleh dari pupuk kandang, Borax atau Borate, asam borate (H3BO3) dan pupuk mikro.Fotosintesis atau asimilasi zat karbon adalah suatu proses di mana zat-zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil di ubah menjadi zat organik karbohidrat dengan bantuan cahaya (energi sinar-energi kimia( karbohidrat ).
Pada peristiwa respirasi energi kimia ini di ubah menjadi tenaga kerja rangkaian proses kehidupan , di samping asimilasi zat karbon ada asimilasi zat lemas (nitrogen) peristiwa ini berlangsung tanpa cahaya di sebut kemosintesis yang merupakanlangkah pertama dalam rangkaian proses pembentukan protein.Protein tidak mungkin di susun tanpa adanya hasil fotosintesis sehingga fotosintesis itu merupakan kegiatan pokok reaksi kimia yaitu 6CO2+6H2O cahaya-klorofil menghasilkan C6H12O6+6O2 (karbohidrat).
Kebalikan dari fotosintesis adalah respirasi/pernapasan yaitu suatu proses pembongkaran. 6CO2+6HO2 klorofil+ cahayaC6H12O6+6HO2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar