Rabu, 21 Juni 2017

Psu LCD polytron ngerik

Suara Mengerik pada Power Supply Polytron, semua varian.
Penyebabnya karena meningkatnya kebutuhan tegangan bias dioda penyearah keluaran (setengah rusak), sehingga bagian primer lebih banyak "mendorong" trafo dengan duty cycle lebar dengan duty cycle yang tidak menentu karena kurang pakemnya dioda penyearah.
Misalnya normalnya bias dioda hanya 0V6, maka ketika dioda tersebut menyearahkan tegangan menjadi 5V, pada input (anodanya) terdapat tegangan 5V6. Bila dioda sudah bolot, meningkat biasnya, misalnya menjadi 1V5, maka tegangan di anoda (sekunder trafo) harus ada 6V5 untuk menghasilkan tegangan 5V.
sehingga dengan jelas bahwa trafo/bagian primer harus di-"pompa" lebih berat lagi.
Karena kerusakan dioda/semikonduktor bukanlah permanen (dites "kelihatan" normal), maka tegangan bias dioda akan bervariasi, kadang normal, kadang butuh tegangan yang lebih tinggi, sehingga timbullah ngerik/suara di trafo/power supply.

Bila setelah penggantian dioda sekunder ternyata masih ngerik maka atur sesuai keterangan pada foto, nomor 1 adalah kapasitor shunt, yang berfungsi sebagai filter atau penala trafo agar trafo bisa bekerja pada frekuensi yang diinginkan.
Semakin tinggi nilai kapasitor ini (aslinya 330pF 2KV) maka semakin tidak ngerik (karena trafo menjadi lebih enteng), tetapi MOSFET utama (2) menjadi lebih panas,Ubah dari 330pF menjadi 470pF 2KV.
Nomor 2 adalah mosfet utama, Bila mosfet memiliki RDS yang lebih tinggi dari nilai R-Sourcenya, maka MOSFET lebih panas. Begitu juga bila kapasitor Shunt di atas dinaikkan nilainya, maka MOSFET juga lebih panas (karena energi switchnya sebagian tergrondkan oleh kapasitor dan resistor shunt tersebut. Bila perlu ganti dengan tipe yang lebih mumpuni, misalnya 9N65 dengan Ciss kurang dari 2n5.
Power supply yang ngerik, ketika posisi menyala (ON), mengakibatkan unit kadang restart sendiri karena kadang power supply mencapai proteksi (atau keluarannya ter-interupsi sesaat).
Kadang juga normal dites seharian tidak restart, setelah mo diambil yang punya, dicoba 15 menit sudah restart-restartlagi.

Sumber: kang Zaenal elektronik

6 komentar:

  1. Kasus sy polytron type PLD 29D700 berbunyi nyiiiit tegangan 12 volt hilang.....tegangan 5 volt jadi 7 volt kadang naik sampai 12 volt ....mohon solusinya bang

    BalasHapus
  2. Teg 12 hadir hanya aja teg 5v jadi 3.8 v ada bunyi ngiiiing mohon solusinya bang

    BalasHapus
  3. Pld 29d700.bunyi nyiit di psu..gambar blank..suara hilang..backlight nyala.mohon solusinya Bang..🙏

    BalasHapus
  4. Tv sharp 50 inch travo bunyi nging dioda scothky panas..mohon solusinya

    BalasHapus
  5. Ada tv Polytron regulator bunyi nyit2 tpi masih ada suara

    BalasHapus