Rabu, 17 Mei 2017

Tips sukses berkebun hidroponik

*.Cahaya yang cukup

Kita perlu mengingat lagi mengenai fotosintesis yaitu proses pengolahan makanan menjadikan energy pada setiap tumbuhan dengan dibantu oleh sinar matahari. dalam hal ini hampir setiap tanaman atau tumbuhan memerlukan cahaya(sinar matahari) yang terpenuhi/cukup untuk membantu pada proses pertumbuhannya.
saat kita melihat tanaman atau batang tanaman kurus dan cenderung tinggi itu artinya tanaman tersebut kurang terkena cahaya / sinar matahari yang cukup, sedangkan jika kita menanam hidroponik di dalam ruangan yang tidak terkena matahari, pemberian cahaya bisa di gantikan dengan cahaya lampu dan untuk pemberian cahaya ke tanaman biasanya dengan waktu 8-10jam setiap harinya.

*.Kualitas dan kebersihan

airDalam tanaman hidroponik air yang di gunakan haruslah yang memiliki pH 5-7, jika anda menggunakan air PDAM lebih baik air di tampung dan di diamkan selama 7-10 hari hal ini untuk mendapatkan pH yang di butuhkan tanaman. Air yang bagus untuk di gunakan yaitu seperti air sumur, air sungai (yang tidak terkena limbah) atau bisa juga menggunakan air hujan.

*.Oksigen

Akar memerlukan oksogen yang cukup saat penyerapan nutrisi, dalam hidroponik menjaga kadar oksigen dalam air perlu di perhatikan dengan baik agar akar dapat menyerap nutrisinya dengan baik juga. akar akan sulit menyerap nutrisi jika posisi air diam, untuk mencegah hal tersebut harus rutin dalam memberikan air setiap satu minggu sekali atau bisa menggunakan sistem aquaponik jika menggunakan paralon.

*.Pemberian Nutrisi dengan baik

Pengaruh lain dalam berhasil atau tidaknya tanaman hidroponik adalah dalam pemberian nutrisi harus sesuai dengan yg di butuhkan tanaman

*.Media struktur pendukung

hidroponik Perlu di perhatikan untuk media pendukung tanaman hidroponik seperti net pot, paralon dan lainya agar posisi tidak tergeser atau berubah posisi hal ini bisa menyebabkan tanaman roboh atau patah, jika tanaman sudah mulai tumbuh tinggi lebih baik di bantu dengan tiang kecil agar tidak mudah roboh. Selalu di perhatikan untuk media hidroponik lainya agar aman

Salam hijau daun :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar