Rabu, 30 November 2016

LCD TV POLYTRON PLM24M61 DOBEL KASUS


Dapat pasien TV LCD POLYTRON nomor model PLM24M61 dengan gejala mati stanby tidak bisa start,,

bismillahirrohmanirrohim,,langsung tak buka casing belakang terlihat dua biji elco untuk suplay 12v nya hamil alias kembung bagian atasnya,

tanpa basa basi coba langsung ganti elco pake pemain baru,

beres ganti elco lalu coba running tes jreeng tv tv ny langsung nyala euy,,, :D

eiiit tp tunggu jangan seneng dulu soal nya pas nyala ini cuma menampilkan logo POLYTRON doank abis itu layar jadi blank gelap alias ga ada tampilan baik blue back maupun tampilan raster

coba perhatikan neon backlight masih tetep nyala,cek tegangan untuk ic flash dan ic eeprom terukur normal 3,3v,

hmmmmm saya menduga ini masalah dr bagian firmware,mesti di flash ulang ini mah euy,,

wadduuhhh mana ga punya alat flash lagi,,jadi bingung c akuh nya euy :(

tapiiii hmmmmm jangan putus asa dulu kawan,,, :D soal nya sy inget ada salasatu blog yg membahas cara ngeflash tv dengan sistem ISP alias ngeflash nya pake flashdisc yg d colokan ke slot USB tv,,,nah kebetulan pada tv polytron ini ada slot UPS eh salah maksud saya slot U eS Be gitu looohh :D

ya sudah saya putuskan untuk mencoba cara ini saja daripada tidak sama sekali,,,(inget orang bijak bilang "sesuatu yg masih samar tidak akan pernah kita ketahui sebelum kita mencoba nya" :D

ok lanjut,,,,,langkah pertama ku coba googling sama si embah gogel untuk mencari file firmware polytron PLM24M61,,

ketik sana ketik sini,masuk sana masuk sini,yg di cari g kunjung datang wae euy,,kaya nya si embah lagi sakit kelapa eh kepala :D

soal nya firm ware buat di download ga saya temukan,kalo pun ada download nya mesti registrasi dulu,hmmm pelit amat ni si embah :p :D

akhirnya ku putuskan saja tuk mencari di grup facebook kang zaenal dan alhamdulilah disini saya menemukan yg saya cari,,,

setelah berhasil download firmware nya langsung aja ku bungkus rapih karna file nya di bungkus format "rar" jadi mesti di extrax dulu pake PC,

nah karna saya ga punya flash disc jadi saya masukan file nya ke kartu micro SD alias kartu memori hp,
jangan lupa om kartu memori nya mesti di masukan dulu ke USB MMC reader terus isi kartu memori mesti di format dulu jadi inti nya kartu memori hanya khusus di isi firmware saja,,

begitu selesai membuat alat flash dengan micro SD feat MMC reader yg di sisi firmware langsung maju ke tahap berikut nya,yaitu:

1. Colokan USB MMC READER ke slot USB yg ada pada tv polytron,

2. Tekan tombol power pada tv,ketika tombol di tekan langsung colokan steker AC ke sumber pln,

daaaaannn,,,,satuuuu ..... duaaaaa.... tigaaaaa.... jreng hore akhir nya raster semut bisa muncul euy,,,

tp masih ada tapi nya loh,,,soal nya saya perhatikan pas muncul raster semut OSD nya ga nongol,tombol panel ga berfungsi,bahkan remot pun ga bisa di pake, hiks :'(

ada apa lagi nih,,,,ko bisa beginih....hiks :'( :(

tak coba konsultasi dengan kang zaenal via inbox kata nya data ic eeprom 24C16 nya udah anu jadi otomatis anu nya harus di anu lagi alias ic 24C16 harus di isi data lagi,,

hmmm lagi lagi saya bingung karna ga punya alat untuk isi data ic semacam "eplushtool" , (oiya gan ic eeprom 24C16 pada tv ini merupakan jenis SMD alias ic tempel yg kecil kecil kaya kutu itu loh :D

ya sudah lah dr pada pusing tujuh keliling saya mencoba trik untung untungan saja dengan cara di bawah ini:

1. Cabut ic 24C16 yg asli pada maindboard

2. Buka laci komponen dan ambil ic 24C16 untuk tv CRT ,kebetulan di laci komponen saya ada dua biji ic bekasan hasil cabutan dari mesin wansonic :D

3. Pasangkan ic 24c16 bekasan ke maindboard polytron,nah karna ic pengganti nya super geude jadi pemasangan nya di sambung pake kabel kecil aja gan :D

4. Setelah beres pergantian ic lalu tancapkan lagi usb mmc reader ke slot usb tv polytron kemudian tekan tombol power jangan di lepas dan langsung colokan steker AC ke sumber PLN

lalu tunggu,,,,satuuuu.....duaaaa.....tigaaaa.....ciaaaaaaaat jreeeeng,,,,,horeeeeeeee akhir nya blueback dan OSD bisa nongol,tombol panel remot pun akhir nya bisa berjalan normal kembali,,,,alhamdulillah,,,terimakasih ya allah......

23 komentar:

  1. KALAU ADA HARGA BERAPA VIA WA 085714576094

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. punya saya type PLM24M61 bergaris penuh.... kira2 apanya ya gan?

    BalasHapus
  4. Klau tdk ada suara,apa ny y yang kna n prbaikannya bgmna?

    BalasHapus
  5. Punya saya plm24m61 ngebleng cuma tampilan biru doang gimana cara mengatasi nya om...

    BalasHapus
  6. kalo kontras,brighness,sharpness nggak main meskipun di naikin sampai angka 100 tapi layarnya tetap sama aja nggak ada perubahan,apa harus di flash firmwaee juga om.tk

    BalasHapus
  7. Smg berkah kang..bagi dong fw nya :D

    BalasHapus
  8. Gan boleh minta file firmwarenya g?

    BalasHapus
  9. Sob..sy punya kasus yang sama..bisa bagi datanya ya..trm's

    BalasHapus
  10. Gan tolong dong,minta frimware tv lcd Polytron model PLM24T33R

    BalasHapus
  11. Bos klw remot kaga respon gimana,,? Tegangan 5v. Normal out ir. Normal, trus apamy ya, tipe sama PLM 24M61. pencerahan nya guru

    BalasHapus
  12. Bos saya mau ngflash tv lcd polytron PLM24M51 tapi saya googling kemana-mana nggak ada firmwarenya gimana solusinya

    BalasHapus
  13. Mas saya mau tanyak tv gak bisa di remot solusi nya remot masih fungsi

    BalasHapus
  14. Maaf gan mau tanya.tivi Polytron plm24m61, tampilan logo Polytron terus menerus kira²apanya gan trima kasih

    BalasHapus